Kiat Teknik Renang Triathlon untuk Semua Tingkat

Awal triathlon mungkin merupakan momen paling ikonik dalam perlombaan. Tahukah Anda bahwa ada tiga cara berbeda untuk memulai balapan? Dalam uji coba waktu start, pembalap memasuki air dengan nomor balapan mereka setiap tiga detik. Pada awal gelombang, Anda memasuki air dengan perenang lain yang sesuai jenis kelamin Anda dan Anda biasanya diberi nomor yang menunjukkan ombak Anda. Dalam kedua jenis, pengatur waktu menjaga waktu dan dibutuhkan sekitar 20-25 menit untuk menyelesaikan permulaan.

Namun, yang paling terkenal adalah permulaan massal di mana semua orang memulai saat pistol meledak.

Meskipun mengasyikkan, ini juga bisa menjadi pengalaman yang sangat berbeda bagi pemula.

Apa yang Membuat Berenang Triathlon Berbeda dengan Berenang di Kolam Renang?

Efek Mesin Cuci: Anda akan merasakan efek ini segera setelah Anda memasuki air, dengan ratusan atlet triatlon lain mencoba mengambil posisi mereka.

Tendangan Tidak Disengaja: Persiapkan diri Anda untuk itu; mereka cukup umum.

Angkat Kepala Anda: Berlatihlah untuk mengangkat kepala Anda di atas air di antara pukulan untuk melihat penanda dan pelampung.

Wetsuit: Merasa nyaman dengan wetsuit Anda-itu dapat menawarkan daya apung dan kehangatan ekstra, tetapi Anda harus menjadi kulit kedua Anda.

Drafting: Memanfaatkan efek ‘menarik’ saat Anda berenang di belakang perenang utama adalah legal dalam triathlon dan seni yang bisa sangat membantu.

Berenang di perairan terbuka memang memiliki tantangan, tetapi bantuan sudah dekat. Kami telah membahas beberapa tip menyelamatkan nyawa untuk teknik berenang Anda musim ini:

1. Berlatih Pernapasan Bilateral

Menguasai pernapasan adalah salah satu teknik terpenting yang harus diterapkan oleh para atlet triatlet. Penting untuk mengetahui cara bernapas di kedua sisi karena cuaca dan kondisi air tidak dapat diprediksi, perenang lain mungkin ada di dekatnya, arah matahari dapat mengganggu penglihatan dan pelampung mungkin tidak ditempatkan di satu sisi.

2. Pelajari Apa Posisi Kepala yang Cocok untuk Anda

Pelatih triatlon terkemuka, Paul Newsome dari Swim Smooth, berpendapat bahwa tidak ada posisi kepala yang ideal untuk semua orang. Meskipun banyak pelatih merasa bahwa melihat ke bawah lurus ke bawah sangat ideal, posisi ini tidak terlalu bagus untuk berenang di perairan terbuka di mana posisi kepala menghadap ke depan membantu Anda menavigasi dan menghirup.

Anda juga harus membiasakan kacamata yang tersumbat air. Penting untuk memiliki kacamata renang yang bagus dan mempelajari cara memposisikan kepala untuk tampilan terbaik saat mengenakannya.

3. Kerjakan Tangkapan dan Tarik Anda Sejak Awal

Sementara posisi kepala, pukulan dan tendangan mendapat banyak perhatian selama pelatihan renang tradisional, pelatih Paul Newsome menyarankan bahwa menangkap dan menarik adalah teknik yang perlu dikuasai sejak awal untuk sukses dalam renang di perairan terbuka. Dia mengatakan itu akan membawa Anda berenang ke tingkat berikutnya. Lakukan latihan dayung doggy dan head up polo stroke untuk meningkatkan tangkapan.

4. Meningkatkan Daya Tahan Kerja

Lakukan beberapa pekerjaan lahan kering untuk meningkatkan daya tahan, terutama jika Anda pergi ke gym. Jika Anda seorang pemula, kebugaran lengan Anda mungkin belum cukup untuk menahan renang triathlon, jadi pull up, latihan menarik kabel, pull down lateral, dan bench press akan membantu membangun ketahanan lengan.

5. Rekam Video Stroke Anda

Sebagian besar dari kita pernah mengalami situasi di mana pelatih mengulangi sesuatu berulang kali, tetapi kami tidak dapat memahami apa artinya. Analisis goresan kami pada video akan membantu Anda melihat secara tepat seperti apa dan di mana Anda perlu meningkatkannya. Anda bisa menindaklanjutinya dengan beberapa resistance band bekerja di lahan kering untuk menyempurnakan teknik.

6. Sempurnakan Postur Anda

Postur renang terbaik adalah postur tubuh yang baik. Postur yang baik secara umum membantu Anda menjaga tubuh tetap lurus di dalam air dan akan mencegah hal-hal seperti lengan menyilang, mengurangi putaran, dan tendangan gunting. Postur yang baik berarti pukulan yang lebih bersih, lebih kuat, dan lebih sedikit energi yang dikeluarkan.

7. Pelajari Semua Strokes

Anda mungkin berpikir, “Tetapi saya tidak akan pernah melakukan kupu-kupu di perairan terbuka!” Tentu saja tidak akan tetapi itu bukan alasan mengapa Anda perlu berlatih pukulan lainnya. Ketika Anda menantang tubuh Anda dengan pukulan yang berbeda, tubuh Anda mengembangkan lebih banyak kekuatan karena rangsangan ekstra yang Anda berikan padanya. Anda bisa mendapatkan inti yang lebih kuat, kebugaran mental, dan kekuatan aerobik dengan setiap pukulan baru yang Anda tambahkan ke keterampilan Anda.

8. Lakukan Latihan Anda

Latihan akan membantu Anda memperlambat gerakan dan fokus pada bentuk dan teknik. Anda akan menyempurnakan sinkronisasi otot Anda dan, dengannya, renang Anda. Ini semua tentang gerakan dan latihan yang tepat waktu akan membantu Anda mencapai hal itu. Pelampung adalah alat pelatihan yang baik untuk membantu Anda meningkatkan tenaga selama latihan.

Jika Anda seorang pemula, berenang di perairan terbuka mungkin tampak menakutkan pada awalnya. Namun, menjaga rutinitas latihan yang ketat dengan banyak latihan akan membantu Anda mencapai hasil yang maksimal.

Pada hari perlombaan, Anda juga perlu memastikan bahwa Anda memiliki peralatan dan pakaian selam triathlon yang tepat untuk membantu Anda sukses.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *